Kamis, 28 November 2013

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Cara penulisan daftar pustaka dari internet untuk karya tulis ilmiah sebenarnya hampir sama dengan cara penulisan yang berasal dari sumber cetak seperti buku, majalah, jurnal, dan sebagainya. Sedikit yang membedakan adalah sumber dari situs atau blog bersifat dinamis, artinya bisa saja artikel telah mengalami perubahan atau bisa jadi situs telah dihapus dari internet.
Daftar pustaka (bibliography) di sebuah karya tulis ilmiah sangatlah penting sebagai syarat kelengkapan karya tulis. Keberadaan Daftar Pustaka merupakan daftar bacaan yang digunakan penulis untuk memperkaya tulisan yang disusun berdasarkan alfabetis. Beberapa pendapat mengatakan daftar pustaka (bibliography) berbeda dengan daftar rujukan (references).
Untuk cara penulisan daftar pustaka dari internet belum memiliki standar penulisan yang baku, namun setidaknya kejelasan penulisan sumber dari internet dapat
dipertanggungjawabkan dengan mencantumkan: Nama penulis, Waktu (tanggal, bulan, tahun) penerbitan/posting, Judul artikel, URL artikel lengkap, dan waktu akses dilakukan..

Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Berikut beberapa gaya dan contoh penulisan daftar pustaka dari internet yang ada berdasarkan beberapa sumber:
Gaya penulisan APA (American Psychological Association)
  • Lentera Kecil. (2012, 17 Juni). Keterampilan Menulis Paragraf . Diperoleh 19 Juni 2012, dari http://lenterakecil.com/keterampilan-menulis-paragraf/

Gaya penulisan MLA (Modern Language Association)
  • Keterampilan Menulis Paragraf.” Lentera Kecil. 17 Juni 2012. Web. 19 Juni 2012.
Gaya penulisan MHRA (Modern Humanities Research Association)
  • Lentera Kecil, ‘Keterampilan Menulis Paragraf ‘, Lentera informasi pendidikan dan pengetahuan Indonesia, 17 Juni 2012,  [diakses 19 Juni 2012]
Gaya penulisan Chicago
  • Lentera Kecil, “Keterampilan Menulis Paragraf,” Lentera informasi pendidikan dan pengetahuan Indonesia, http://lenterakecil.com/keterampilan-menulis-paragraf (diakses 19 Juni 2012).
Gaya penulisan CBE / CSE (Council of Science Editors)
  • Lentera Kecil. Keterampilan Menulis Paragraf  [Internet]. Lentera informasi pendidikan dan pengetahuan Indonesia, 17 Juni 2012, 10:55 UTC [dikutip 19 Juni 2012]. Tersedia dari: http://lenterakecil.com/keterampilan-menulis-paragraf.
Contoh gaya lain penulisan daftar pustaka dari internet:
  • Hermans, B., 2000, Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch, [online], (http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.htm, diakses tanggal 25 Juli 2008 )
  • Lenterak, 2012, Keterampilan Menulis Paragraf, [pdf], (http://lentera.staff.um.ac.id/metopen/ Keterampilan Menulis Paragraf.pdf, diakses tanggal 19 Juni 2012 )
Kutipan yang diunduh melalui FTP
  • Kecil, Lentera. “Keterampilan Menulis Paragraf.” FTP lenterakecil.com/pug cccc95/lenterakecil (diakses tanggal 19 Juni 2012)
Kutipan dari Email
  • Kecil, Lentera. “Keterampilan Menulis Paragraf.” weblenterakecil@yahoo.com (diakses tanggal 22 Juni 2012)
Keterangan: Warna merah = Nama penulis/kontributor/Author. Warna hijau = Judul/nama situs
Jika nama atau waktu penerbitan tidak diketahui biasanya diganti dengan “____” Yang penting Judul artikel, URL (alamat artikel lengkap bukan homepage) serta waktu akses harus disebutkan. Jika perlu dapat menghubungi pemilik situs untuk meminta keterangan lebih jelas.
Saat ini, internet bisa menjadi sarana dalam mencari informasi untuk tugas sekolah, akademik maupun kebutuhan informasi lainnya. Dengan semakin mudah, cepat serta murah untuk mengakses internet, informasi yang disajikan di internet semakin disenangi dan nyaman untuk mencari sumber referensi bagi sebagian penulis.
Lentera kecil beberapa kali mendapat email yang meminta nama penulis artikel maupun cara penulisan daftar pustaka ketika mengambil sumber dari blog lenterakecil.com. Saya hanya membalas dengan contoh penulisan:
Lentera Kecil. (2012), “Judul Artikel.” Http://lenterakecil.com/judulartikel/ (diakses tanggal, bulan, tahun)
[ Artikel Diterbitkan pada tanggal: 19 Jun 2012 dan diupdate 1 November 2013 ]
Sumber Referensi Penulisan Daftar Pustaka dari Internet
  
sumber: copaz dari http://lenterakecil.com

Tidak ada komentar: